Mungkin bagi sebagian orang akan berpendapat bawah berbicara itu mudah, sedangkan melakukannya itu sudah lain lagi. Ungkapan ini sering kali dilontorakan oleh hampir setiap orang yang menerima sebuat saran atau ide. Memang hal ini sangat relevan, namun tidak menjadi patokan bahwa akan selalu berujung seperti angin lalu saja.

Contohnya adalah Tim KKN-PPM Unila atau kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pembersdayaan Masyarakat Universitas Lampung. Tidak hanya memberikan terobosan inovasi untuk membuat oleh-oleh khusus yang ada di pekon Kiluan Negeri, tetapi juga tim KKN Unila juga memberikan produk apa yang harus dibuat, memberikan contoh serta resep dari tahap-tahap pembuatan oleh-oleh khas ini, serta tak lupa pula memberikan bantuan berupa alat untuk mengepress oleh-oleh tersebut.

Ya, foto diatas adalah potret saat penyerehan pemberian alat press dari perwakilan Tim KKN-PPM Unila yang mana pada hal ini diwakilkan oleh ibu Dr. Sri Ratna Sulistyanti, kepada salah seorang warga desa di pekon Kiluan Negeri.

Pada hal ini, produk oleh-oleh khas dari pekon Kiluan Negeri berupa produk makanan siap makan, yaitu berupa Nugget Pisang dan Getuk Pisang. Dua jenis makanan ini memang sudah terdengar tidak asing ditelinga anda, Bukan? Namun, yang membedakan olahan ini dengan yang lainnya adalah bahan pokok yang digunakan untuk olahan ini, yaitu buah Pisang. (snr)