Bahasa, adalah suatu hal pokok yang harus dikuasi oleh setiap kalangan. Meskipun bahasa banyak sekali ragam dan jenisnya, namun dengan bahasa kita dapat menyampaikan apa yang ada dipikiran kita, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, bahkan kita dapat mengekspresikan apa yang kita rasakan meskipun tanpa menunjukannya secara lansung kepada orang lain.

Bahkan untuk beberapa orang yang mungkin memiliki kekurangan, mereka memiliki caranya sendiri untuk menyampaikan apa yang mereka maksudkan. Baik itu dengan bahasa yang diucapkan secara langsung ataupun bahasa tubuh.

Masalah yang dihadapi oleh sebuah lokasi wisata tidak hanya dengan penyambutan tamu,atau peningkatan sara dan prasarananya saja. Namun, masyarakat yang ada didalamnya pun harus ikut memperbaiki diri atau mengupgrade diri. Salah satu contohnya adalah dengan penguasaan bahasa asing dasar.

Penguasaan bahasa asing dasar, dirasa perlu untuk menjadi salah satu penunjang tempat wisata. Karena untuk berjaga-jaga bila ada turis asing yang tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana komunikasinya dan ditakutkannya terjdi kesalah pahaman dalam penafsiran makna antara komunikan dan komunikatornya.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kesalah pamahaman yang akan terjadi, sehingga dari tim KKN-PPM Unila, memberikan pelatihan untuk Bahasa Inggris Lanjutan. Dalam pelatihan ini, yang memberikan materi adalah Gita Hilmi P., S.Pd., M.Pd.

Dalam pelatihan ini, masyarakat pekon Kiluan Negeri di Kecamatan Kelumbayan pada Kabupaten Tanggamus, diberikan beberapa pengetahuan tentang bahasa inggris dasar. Diantaranya seperti : Greetings (Sapaan), Expressing Gratitude (Ungkapan Terimakasih), Offering Help (Menawarkan Bantuan), Asking For Help (Meminta Bantuan), Introduction (Perkenalan), dan Direction (Arah Jalan). (snr)