PROFIL KILUAN NEGERI

 

  1. Geografi / Geography

Kiluan Negeri terletak di sebuah kecamatan Kelumbayan pada Kabupaten Tanggamus. Kiluan Negeri memiliki luas wilayah seluas 32.32 km² dengan presentase wilayah 26.69% dari total luas wilayah Kecamatan Kelumbayan seluas 121.10 km².

Jarak tempuh menuju ibukota Kecamatan Kelumbayan dari wilayah Kiluan Negeri adalah sejauh 18 km. sedangkan untuk jarak tempuh menuju ibukota Kabupaten Tanggamus dari wilayah Kiluan Negeri adalah sejauh 100 km.

 

  1. Pemerintahan / Government

Kepala pekon wilayah Kiluan Negeri adalah Kadek Sukrasene, dengan masa jabatan pada tahun 2015 hingga tahun 2021.

Wilayah Kiluan Negeri memiliki dusun sebanyak 6 dusun, dari total dusun 41 dusun yang terdapat pada Kecamatan Kelumbayan.

Kiluan Negeri memiliki Rukun Tetangga (RT) sebanyak 8 RT, dari totsl 84 RT yang terdapat pada Kecamatan Kelumbayan.

Kiluan Negeri juga memiliki jumlah Rumah Tangga(Household) sebanyak 335 Rumah Tangga, dari total 2.707 Rumah Tangga (Household) yang terdapat pada Kecamatan Kelumbayan.

 

  1. Kependudukan / Population

Jumlah penduduk Kiluan Negeri pada tahun 2010 adalah sebesar 1.329 dari total jumlah penduduk 10.746 pada Kecamatan Kelumbayan, pada tahun 2015 adalah sebesar 1.340 dari total jumlah penduduk 10.830 pada Kecamatan Kelumbayan dan pada tahun 2016 adalah sebesar 1.338 dari jumlah total penduduk sebesar 10.822 pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri menduduki presentase laju pertumbuhan penduduk per tahun dari tahun 2010 hingga 2016 adalah sebesar 0,11% dari total rata-rata laju pertumbuhan penduduk Kecamatan Kelumbayan sebesar 0,12%. Namun pada tahun 2015 hingga tahun 2016, laju pertumbuhan penduduk Kiluan Negeri berkurang hingga -0,15% dari total rata-rata laju pertumbuhan penduduk Kecamatan Kelumbayan sebesar -0,07%.

Jumlah penduduk Kiluan Negeri adalah 1.338 dengan perbandingan rasio jenis kelamin laki-laki sebesar 715 sedangkan untuk jenis kelamin perempuan sebesar 623, dengan rasio perbandingan jenis kelamin (sex ratio) sebesar 1,15%. Sedangkan untuk wilayan Kecamatan kelumbayannya sendiri memiliki total jumlah penduduk 10.822 dengan perbandingan rasio jenis kelamin laki-laki sebesar 5.807 sedangkan untuk jenis kelamin perempuan sebesar 5.015, dengan rasio perbandingan jenis kelamin (sex ratio) sebesar 1,16%.

Distribusi dan kepadatan penduduk menurut pekon di wilayah Kiluan Negeri dengan presentase penduduk adalah sebesar 12,36% dengan kepadatan penduduk per km² nya adalah 41 km², dari total kepadatan penduduk per km² di Kecamatan Kelumbayan adalah sebesar 89 km².

 

  1. Sosial / Social

Jumlah Sekolah Dasar (SD)yang terdapat pada wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 1 sekolah dari total 11 sekolah yang terdapat pada Kecamatan Kelumbayan, dengan total murid sebanyak 208 siswa dan jumlah guru mengajar adalah sebanyak 12 orang guru. Jumlah perbandingan rasio murid dan guru sebesar 17,33% dari total perbandingan rasio Kacamatan Kelumbayan sebesar 9,26%.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari total 4 sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Kiluan Negeri memiliki Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 1 sekolah dari total 4 sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan. Total murid SMP yang ada di Kiluan Negeri adalah sebanyak 55 murid dengan total guru sebanyak 11 orang guru. Jumlah perbandingan rasio murid dan guru sebesar 5% dari total perbandingan rasio Kacamatan Kelumbayan sebesar 9,59%.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) dari total 0 sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA) dari total 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki sekolah Madrasah Aliyah (MA) dari total 0 sekolah Madrasah Aliyah (MA) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki fasilitas kesehatan berupa Rumah Sakit (RS) dari total 0 Rumah Sakit yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki fasilitas kesehatan berupa Rumah Bersalin (Meternity Hospital) dari total 0 Rumah Bersalin (Meternity Hospital) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri memiliki 1 fasilitas kesehatan berupa Puskesmas (Public Health Center)dari total 3Puskesmas (Public Health Center) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri memiliki 2 fasilitas kesehatan berupa Posyandu (Maternal & Child Health Center) dari total 20 Posyandu (Maternal & Child Health Center) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki fasilitas kesehatan berupa Klinik atau Balai Kesehatan (Clinic/health Center) dari total 0 Klinik atau Balai Kesehatan (Clinic/health Center) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri tidak memiliki fasilitas kesehatan berupa Polindes (Villaage Maternity) dari total 2 Polindes (Villaage Maternity) yang ada pada Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah tenaga medis (Medical Personnel) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 1 tenaga medis (Medical Personnel), dari total 15 tenaga medis yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah tenaga keperawatan (Nursing Personnel) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 tenaga keperawatan (Nursing Personnel), dari total 5 tenaga keperawatan yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah tenaga kebidanan (Midwifery Personnel) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 1 tenaga kebidanan (Mideifery Personnel), dari total 9 tenaga kebidanan yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah tenaga kefarmasian (Pharmacy Personnel) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 tenaga kefarmasian(Pharmacy Personnel), dari total 0 tenaga kefarmasianan(Pharmacy Personnel) yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah tenaga kesehatan lainnya (Other Health Personnel) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 tenaga kesehatan lainnya (Other Health Personnel), dari total 3 tenaga kesehatan lainnya (Other Health Personnel) yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah Dokter Spesialis(Spesialist Doctors) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 Dokter Spesialis(Spesialist Doctors), dari total 0Dokter Spesialis(Spesialist Doctors) yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah Dokter Umum(Generalist Doctors) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 Dokter Umum(Generalist Doctors), dari total 0Dokter Umum(Generalist Doctors) yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah Dokter Gigi(Dentist) yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 Dokter Gigi(Dentist), dari total 0Dokter Gigi(Dentist) yang terdapat di Kecamatan Kelumbayan.

Remaja dengan rentang usia 15 hingga 24 tahun di wilayah Kiluan Negeri telah mendapat beberapa penyuluhan tentang kesehatan dari pakar yang ahli dibidangnya, yang telah terhitung hingga tahun 2016. Untuk penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi atau biasa disingkat dengan Kespro (Reproductive Health Counselling) sebanyak 30 remaja, dari total 246 remaja yang telah mendapat penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi atau biasa disingkat dengan Kespro (Reproductive Health Counselling) di Kecamatan Kelumbayan.

Sedangkan untuk penyuluhan tentang HIV/AIDS (HIV/AIDS counselling) sebanyak 30 remaja, dari total 246 remaja yang telah mendapatkan penyuluhan tentang HIV/AIDS (HIV/AIDS counselling) di Kecamatan Kelumbayan.

Remaja yang ada di wilayah Kiluan Negeri juga telah mendapatkan penyuluhan dari tenaga ahli tentang penyuluhan Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB (Family Planning Counselling) sebanyak 90 remaja, dari total 510 remaja yang telah mendapatkan penyuluhan tentang Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB (Family Planning Counselling) di Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan negeri telah tercatat hingga tahun 2016 memiliki jumlah 0 untuk kasus penyakit HIV/AIDS(Human Immunodeficiency Virus / Acquired Immuno Deficiency Syndrome), dari jumlah total 0 kasus untuk Kecamatan Kelumbayan.

Sedangkan untuk kasus terjangkitnya penyakit Infeksi Menular Seksual atau yang biasa disingkat dengan IMS (Sexually Transmired Infection) sebanyak 0 kasus, dari total jumlah 0 kasuspenyakit Infeksi Menular Seksual atau yang biasa disingkat dengan IMS (Sexually Transmired Infection) di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk kasus terjangkitnya penyakit Demam BerDarah atau yang biasa disingkat dengan DBD (Dengue Fever) sebanyak 0 kasus, dari total jumlah 0 kasus penyakit Demam BerDarah atau yang biasa disingkat dengan DBD (Dengue Fever) di Kecamatan Kelumbayan.

Kasus terjangkitnya penyakit Diare (Diarhea) yang tercatat pada wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 65 kasus, dari total 481 kasus terjangkitnya penyakit Diare (Diarhea) di Kecamatan Kelumbayan.

Sedangkan untuk kasus terjangkitnya penyakit TB (Tuberculosis) yang tercatat pada wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 1 kasus, dari total 17 kasus terjangkitnya penyakit TB (Tubercolosis) di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk kasus terjangkitnya penyakit Malaria (Malaria) yang tercatat pada wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 6 kasus, dari total 66 kasus terjangkitnya penyakit Malaria (Malaria) di Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri telah memiliki Klinik Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KKB (Family Planning Clinnics) sebanyak 1 unit, dari total jumlah 3 unit Klinik Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KKB (Family Planning Clinnics) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri juga telah memiliki Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa atau yang biasa disingkat dengan PPKBD (Village Family Planning Service Units) sebanyak 1 unit, dari total jumlah 8 unit Pos Pelayanan Keluarga Berencana Desa atau yang biasa disingkat dengan PPKBD (Village Family Planning Service Units) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah Pasangan Usia Subur atau yang biasa disingkat dengan PUS (Eligible Couples) yang tercatat di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 199 pasangan, dari total 1.543 Pasangan Usia Subur atau yang biasa disingkat dengan PUS (Eligible Couples) yang telah tercatat di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk para Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana IUD (Intra Uterine Device) atau yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia adalah Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) sebanyak 2 pasangan, dari jumlah total 18 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana IUD (Intra Uterine Device) atau yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia adalah Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) yang telah tercatat di Kecamatan Kelumbayan.

Para Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana MOW (Medis Operatif Wanita) atau yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia adalah tindakan pemotongan dan pengikatan saluran telur, agar sel telur tidak dapat dibuahi sebanyak 0 pasangan, dari jumlah total 0 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana MOW (Medis Operatif Wanita) yang telah tercatat di Kecamatan Kelumbayan.

Sedangkan untuk para Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana MOP (Medis Operatif Pria) atau yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia adalah tindakan pemotongan dan pengikatan saluran telur, agar tidak dapat membuahi sel telur 0 pasangan, dari jumlah total 0 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana MOP (Medis Operatif Pria) atau yang dapat diartikan kedalam bahasa indonesia adalah tindakan pemotongan dan pengikatan saluran telur, agar tidak dapat membuahi sel telur yang telah tercatat di Kecamatan Kelumbayan.

Para Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Kondom (Condom) sebanyak 0 pasangan, dari jumlah total 5 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Kondom (Condom) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Implants (Implants) sebanyak 3 pasangan, dari jumlah total 60 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Implan (Implants) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Suntikan (Injection) sebanyak 129 pasangan, dari jumlah total 994 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Suntikan (Injection) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Pil (Pill) sebanyak 9 pasangan, dari jumlah total 35 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) dengan sarana Pil (Pill) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah total Pasangan Usia Subur (PUS) di wilayah Kiluan Negeri telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) adalah sebanyak 143 pasangan, dari jumlah total 1.113 pasangan yang telah menjadi peserta Keluarga Berencana atau yang biasa disingkat dengan KB aktif (Family Planning Participants) di Kecamatan Kelumbayan.

Wilayah Kiluan Negeri menempati posisi ke 5 pada tingkatan penganut Agama Islam (Islam) dengan jumlah penganut 1.194 dari jumlah total penganut Agama Islam (Islam) di Kecamatan Kelumbayan sebanyak 10.663.

Wilayah Kiluan Negeri memiliki sebanyak 0 penganut Agama Protestan (Christian) dari jumlah total penganut Agama Protestan (Christian) di Kecamatan Kelumbayan sebanyak 15 penganut.

Wilayah Kiluan Negeri memiliki sebanyak 0 penganut Agama Katolik (Catholic) dari jumlah total penganut Agama Katolik (Catholic) di Kecamatan Kelumbayan sebanyak 0 penganut.

Untuk penganut Agama Hindu (Hindu) di wilayah Kiluan Negeri memiliki sebanyak 144 penganut Agama Hindu (Hindu) dari jumlah total penganut Agama Hindu (Hindu) di Kecamatan Kelumbayan sebanyak 144 penganut.

Sedangkan untuk penganut Agama Budha (Buddha) di wilayah Kiluan Negeri memiliki sebanyak 0 penganut Agama Budha (Buddha) dari jumlah total penganut Agama Budha (Buddha) di Kecamatan Kelumbayan sebanyak 0 penganut.

Untuk penganut Agama Lainnya (Other) di wilayah Kiluan Negeri memiliki sebanyak 0 penganut Agama Lainnya (Other) dari jumlah total penganut Agama Lainnya (Other) di Kecamatan Kelumbayan sebanyak 0 penganut.

Jumlah tempat ibadah berupa Masjid (Mosque) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 3 buah, dari jumlah total 31 buah Masjid (Mosque)  yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk jumlah tempat ibadah yang berupa Mushola(Mushola) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 3 buah, dari jumlah total 27 buah tempat ibadah yang berupaMushola (Mushola) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk jumlah tempat ibadah yang berupa Gereja Protestan (Christian Church) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 buah, dari jumlah total 0 buah tempat ibadah yang berupa Gereja Protestan (Christian Church) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk jumlah tempat ibadah yang berupa Gereja Katolik (Catholic Church) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 buah, dari jumlah total 0 buah tempat ibadah yang berupa Gereja Katolik (Catholic Church) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Untuk jumlah tempat ibadah yang berupa Pura (Temple) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 2 buah, dari jumlah total 2 buah tempat ibadah yang berupa Pura (Temple) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Sedangkan untuk jumlah tempat ibadah yang berupa Vihara (Vihara) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 buah, dari jumlah total 0 buah tempat ibadah yang berupa Vihara (Vihara) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

 

  1. Pertanian / Agriculture

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Sapi Perah (Dairy Cattle) adalah sebanyak 0 ternak, dari jumlah total 0 ternak berupa Sapi Perah (Dairy Cattle) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Sapi Potong (Beef Cattle) adalah sebanyak 15 ternak, dari jumlah total 15 ternak berupa Sapi Potong (Beef Cattle) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Kerbau (Buffalo) adalah sebanyak 4 ternak, dari jumlah total 59 ternak berupa Kerbau (Buffalo) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Kuda (Horse) adalah sebanyak 0 ternak, dari jumlah total 0 ternak berupa Kuda (Horse) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Kambing (Goat) adalah sebanyak 70 ternak, dari jumlah total 630 ternak berupa Kambing (Goat) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Domba (Sheep) adalah sebanyak 20 ternak, dari jumlah total 45 ternak berupa Domba (Sheep) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Babi (Pig) adalah sebanyak 25 ternak, dari jumlah total 25 ternak berupa Babi (Pig) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak jenis unggas yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Ayam Kampung (Native Chicken) adalah sebanyak 200 unggas, dari jumlah total 1.450 unggas yang berupa Ayam Kampung (Native Chicken) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak jenis unggas yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Ayam Pedaging (Boiler) adalah sebanyak 0 unggas, dari jumlah total 0 unggas yang berupa Ayam Pedaging (Boiler) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Populasi ternak jenis unggas yang ada di wilayah Kiluan Negeri berupa Itik/Itik Manila  (Duck/Muscovy Duck) adalah sebanyak 0 unggas, dari jumlah total 35 unggas yang berupa Itik/Itik Manila  (Duck/Muscovy Duck) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

 

  1. Industri / Industry

Industri logam dan non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Penggilingan Padi (Rice Milling). Jumlah Penggilingan Padi (Rice Milling) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 2 unit, dari total 13 unit Penggilingan Padi (Rice Milling)  yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri logam dan non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Penggilingan Kopi (Coffe Milling). Jumlah Penggilingan Kopi (Coffe Milling) yang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit Penggilingan Kopi (Coffe Milling)  yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri logam dan non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Gula Merah. Jumlah Gula Merahyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit industri Gula Merah yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri logam dan non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Tahu. Jumlah Tahuyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit industri Tahu yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri logam dan non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Tempe. Jumlah Tempeyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 4 unit industri Tempe yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Pandai Besi. Jumlah industri Pandai Besiyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit industri Pandai Besi yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Genteng. Jumlah industri Gentengyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit industri Genteng yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Batu Bata. Jumlah industri Batu Batayang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 2 unit industri Batu Bata yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Mebel. Jumlah industri Mebelyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit industri Mebel yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Anyaman. Jumlah industri Anyamanyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 0 unit industri Anyaman yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Industri non logam yang terdapat di wilayah Kiluan Negeri salah satunya adalah industri Pengerajin Kayu. Jumlah industri Anyamanyang ada di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 unit, dari total 8 unit industri Pengerajin Kayu yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

 

  1. Transportasi / Transportation

Panjang jalan menurut pekon dan pemerintahan yang berwenang mengelolanya di Kecamatan Kelumbayan menurut hitungan Kilometer (KM), dengan pemerintahan yang berwenang mengelola (Level of Government Authority) pada tingkatan Negara (State) di wilayah Kiluan Negeri adalah 0, dari total 0 tingkatan Negara (State) di Kecamatan Kelumbayan.

Panjang jalan menurut pekon dan pemerintahan yang berwenang mengelolanya di Kecamatan Kelumbayan menurut hitungan Kilometer (KM), dengan pemerintahan yang berwenang mengelola (Level of Government Authority) pada tingkatan Provinsi(Province) di wilayah Kiluan Negeri adalah 0, dari total 0 tingkatan Provinsi(Province) di Kecamatan Kelumbayan.

Panjang jalan menurut pekon dan pemerintahan yang berwenang mengelolanya di Kecamatan Kelumbayan menurut hitungan Kilometer (KM), dengan pemerintahan yang berwenang mengelola (Level of Government Authority) pada tingkatan Kabupaten/Kota(Regency/City) di wilayah Kiluan Negeri adalah 0, dari total 0 tingkatan Kabupaten/Kota (Regency/City) di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah total dari panjang jalan menurut pekon dan pemerintahan yang berwenang mengelolanya di Kecamatan Kelumbayan menurut hitungan Kilometer (KM), dengan pemerintahan yang berwenang mengelola (Level of Government Authority) di wilayah Kiluan Negeri adalah 0, dari total 0 di Kecamatan Kelumbayan.

Angkutan orang yang berupa Mikrolet (Angdes) di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 dari jumlah total 0 unit Mikrolet (Angdes) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah angkutan orang yang berupa Bus di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 dari jumlah total 0 unit Bus yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah angkutan orang yang berupa Ojek di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 27 dari jumlah total 174 unit Ojek yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Angkutan barang yang berupa Truk di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 dari jumlah total 0 unit Truk yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah angkutan barang yang berupa mobil Pick-Up di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 4 dari jumlah total 25 unit mobil Pick-Up yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah angkutan pribadi yang di wilayah Kiluan Negeri adalah sebanyak 0 dari jumlah total 1 angkutan pribadi yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Sarana Komunikasi di wilayah Kiluan Negeri yang Berupa Kantor Pos adalah sebanyak 0 unit, dari jumlah total 0 unit Kantor Pos yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Sarana Komunikasi di wilayah Kiluan Negeri yang Berupa Kantor Telekomunikasi (Telkom) adalah sebanyak 0 unit, dari jumlah total 0 unit Kantor Telekomunikasi (Telkom) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Sarana Komunikasi di wilayah Kiluan Negeri yang Berupa Warung Telekomunikasi (Wartel) adalah sebanyak 0 unit, dari jumlah total 0 unit Warung Telekomunikasi (Wartel) yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Sarana Komunikasi di wilayah Kiluan Negeri yang Berupa Telpon Umum adalah sebanyak 0 unit, dari jumlah total 0 unit Telpon Umum yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Sarana Komunikasi di wilayah Kiluan Negeri yang Berupa Pesawat TV adalah sebanyak 0 unit, dari jumlah total 0 unit Pesawat TV yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

 

  1. Keuangan Daerah / Lokal Finance

Jumlah target dan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disingkat dengan PBB pada wilayah Kiluan Negeri, menargetan (Target) sebesar 1.650.000 dari jumlah total Target (Target) 15.378.366 yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah target dan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disingkat dengan PBB pada wilayah Kiluan Negeri, merealisasikan (Realization) sebesar 1.650.000 dari jumlah total Realisasi (Realization) sebesar 15.378.366 yang ada di Kecamatan Kelumbayan.

Jumlah target dan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disingkat dengan PBB pada wilayah Kiluan Negeri, dengan Target (Target) sebesar 1.650.000 dan jumlah Realisasi (Realization) sebesar 1.650.000 jumlah total target dan realisasi dalam bentuk persen adalah sebesar 100%, dari jumlah total 100% yang ada di Kecamatan kelumbayan.