Pantai Kiluan, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan nama Kiluan ini, bukan? Pantai Kiluan ini terletak di wilayah Kiluan Negeri yang berada di Kecamatan Kelumbayan pada Kabupaten Tanggamus.Pantai ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat memanjakan mata para penikmatnya, terkenal dengan adanya lumba-lumba yang dapat kita lihat dan berinteraksi secara langsung, serta terkenal dengan indahnya laguna yang ada di pantai tersebut.

Keindahan alam dari pantai Kiluan yang terletak di wilayah Kiluan NegeriĀ  sudah tidak diragukan lagi, bahkan sudah terkenal hingga kemancanegara. Hal ini terbukti dengan adanya turis-turis berkewarganegaraan asing yang datang untuk mengunjungi dan menikmati secara langsung keindahan dari pantai ini.

Dengan hanya kurang lebih jarak tempuh 3 jam dari ibu kota Bandarlampung, dengan akses jalan yang sudah bagus dan mudah, anda sudah bisa sampai di tempat ini. Kini wilayah Kiluan Negri ini telah banyak memiliki sarana dan prasarana yang mendukung wilayah ini menjadi lebih baik, seperti sudah adanya web desa yang dapat diakses kapanpun dan dari manapun, tersedianya banyak homestay yang disediakan, oleh-oleh khas seperti nugget pisang dan getuk pisang hingga kantin desa untuk para pelancong.

Namun selain hal yang indah dan mulai membaik dari wilayah ini, masih saja terdapat sesuatu yang membuat orang melihat hal ini akan sedih karenanya. Hal ini adalah adanya fenomena sampah.Masyarakat di wilayah ini masih kurang memperdulikan tentang keindahan alam dengan masih membuang sampah sembarangan, seperti yang dapat kita lihat pada contoh foto diatas.

 

Ada baiknya bila kesadaran akan membuang sampah ini diterapkan kepada masyarakat sekitar agar menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang lengkap. Tidak hanya dimanjakan dengan alam, sarana dan prasarananya yang sudah berkembang, namun juga dilengkapi dengan lingkungan yang baik dengan tidak adanya lagi sampah-sampah yang berserakan tidak pada tempatnya. (snr)