Kebersihan lingkungan memang memerlukan kesadaran dari diri sendiri terlebih dahulu, barulah mampu memberi contoh baik untuk orang lain mengikuti. Saking pentingnya kebersihan, sampai ada hadis yang mengatakan bawa “Kebersihan adalah sebagian daripada Iman”. Bila sudah menyangkut iman, maka hal ini adalah sesuatu yang krusial atau penting.

Desa Kiluan Negeri adalah salah satu desa yang sangat memanjakan mata untuk wilayah Lampung. Bagaimana tidak, desa ini dikaruniai keindahan alam dari Tuhan yang tidak semua wilayah memilikinya. Mulai dari pantainya hingga alam sekitarnya yang masih sangat asri.

Namun dengan segudang keindahan yang diberikan secara percuma-Cuma oleh Tuhan, rupanya membuat sebagian warga desanya menjadi lalai dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Mulai dari sampah-sampah yang bertebaran tidak pada tempatnya, hingga tidak adanya kesadaran bagi masyarakatnya untuk menjaga lingkungannya sendiri bersih dari masalah sampah.

Karena adanya fenomena masalah sampah yang masih menjadi masalah di desa wisata ini, maka tim dari KKN-PPM Unila mengajak warga sekitarnya untuk turun langsung dalam kerja bakti lingkungan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tangga 25 Agustus 2017 di wilayah sekitar pekon Kiluan Negeri.

Dengan diberikannya contoh dan turun tangan langsung bersama warga, diharapkan mampu membangkitkan nilai sadar dari diri sendiri tentang masalah sampah dan mampu membudidayakan sikap buang sampah pada tempatnya.

Karena bila lingkungan sekitar pekon dan pantai bersih dari sampah, maka akan makin menyejukan mata dan hati bagi penikmatanya serta diharapkan mampu menjadi magnet untuk menarik turis dan wisatawan yang akan berkunjung di pantai-pantai yang ada di pekon Kiluan Negeri ini. (snr)