Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa jalan-jalan yang ada di pedesaan pada malam hari terkenal dengan jalanannya yang remang-remang bahkan sampai gelap gulita. Fasilitas penerangan jalan memang dirasa masih menjadi kendala yang masih banyak dijumpai disejumlah wilayah yang ada di daerah Lampung, terutama wilayah pedesaan.

Biasanya penerangan jalan yang ada dipedesaan hanya sekedar lampu obor yang sengaja dibuat oleh warga desa, atau hanya sekedar lampu listrik yang ada diteras rumah warga. Sehingga untuk jalanan yang jauh dengan rumah warga hanya mengandalkan dari tenaga penerangan dari alam.

Hal ini pun masih terjadi di pekon Kiluan Negeri yang terletak di Kecamatan Kelambayan pada Kabupaten Tanggamus. Sehingga pada malam hari, pekon ini masih bernuansa gelap dan hanya mengandalkan tenaga penerangan alam sebagai sarana penerangan jalan untuk beberapa tempat yang jauh dari perumahan warga.

Hal ini terjadi karena listrik yang masuk ke pekon ini masih tidak stabil, serta memang belum adanya bantuan dari pemerintahan untuk memberikan bantuan lampu jalan sebagai sarana penerangan jalan warga.

Karena adanya fenomena yang masih menyedihkan ditengah indahnya alam pekon Kiluan Negeri pada pagi hingga sore hari ini, menggerakan program dari KKN-PPM Unila, memberikan bantuan berupa Lampu Jalan dengan Tenaga Surya.

Bantuan ini merupakan bantuan dari kerjasama antara Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan)  bagian Inkubator Bisnis Universitas Lampung, dengan jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung.

Bantuan yang diberikan adalah berupa penerangan jalan atau lampu jalan dengan tenaga surya, karena dirasa dengan tenaga surya ini, tidak akan memberi beban yang lebih pada aliran listrik. Karena dengan tenaga surya, penerangan ini dirasa lebih mudah perawatannya, serta lebih ramah lingkungan karena tidak akan memberikan dampak buruk apapun pada lingkungan sekitarnya.

Jumlah bantuan yang diberikan adalah sebanyak 1 buah. Walau hanya 1 buah, namun diharapkan akan dapat menggerakan berbagai pihak terutama pemerintah, untuk dapat memberikan bantuan yang serupa dengan jumlah yang lebih banyak kelak.