Kutipan diatas merupakan perkataan dari seseorang yang ahli dibidangnya. Beliau adalah bapak Budi Setiawan, yang menjabat sebagai General Manager di Hotel Horizon, Bandar Lampung. Beliau telah berkecimpung didunia perhotelan selama lebih dari 30 tahun, sehingga dengan pengalamannya tersebut, beliau tidak diragukan lagi dalam bidangnya.

Pada tanggal 5 Agustus 2017 yang bertempatkan di wilayah Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, di adakan sebuah pelatihan dari seseorang yang ahli dibidangnya untuk membina warga sekitar  dengan tema Manajemen Wisata.

Pelatihan Manajemen Wisata ini diantaranya memberika poin-poin yang sangat dibutuhkan warga untuk membuat Homestay yang ada di wilayah Kiluan Negeri dapat menjadi berstandar seperti layanan hotel berbintang.

Poin-poin yang disampaikan saat pelatihan diantaranya adalah pengalaman mengelola housekeeping, menyajikan makanan ke tamu, menerima order reservasi dan berhadapan langsung dengan tamu. Secara khusus terkait penanganan kamar hotel, bapak Budi menyampaikan bahwa ada standar operational prosedur tentang pengelolaan kamar, diantaranya seperti, memberisihkan kamar setelah tamu pulang, mengganti sprei saat tamu akan datang, ramah kepada pengujung, dan aspek layanan lain yang memosisikan tamu atau pengunjung sebagai raja.

Bapak Budi juga menyampaikan bahwa faktor kebersihan kamar dan fasilitas yang ada di dalam Homestay tentu juga menjadi pokok perhatiannya. Karena pada hakekatnya yang dijual oleh sebuah hotel/ penginapan/ homestay adalah kamar. Dalam pelatihan tersebut pertanyaan yang sering diajukan peserta pada umumnya tentang pengalamannya mengelola hotel berikut berbagai kendala dan cara menanganinya.

Diadakannya pelatihan yang bertema Manajemen Wisata ini, diharapkan agar membuat warga lebih sadar lagi bahwa Homestay yang mereka tawarkan adalah sesuatu yang seharusnya dikelola secara baik dan penuh dengan kesadaran bahwa Homestay juga adalah aset pendukung untuk para pelancong mengunjungi pantai-pantai indah yang ada di wilayah Kiluan Negeri.

Diharapkan pula dengan adanya pelatihan seperti ini, akan memberi manfaat yang besar untuk warga serta dapat mendukung sarana dan prasrana yang telah ada di wilayah Kiluan Negeri, di Kecamatan Kelumbayan, pada Kabupaten Tanggamus ini. (snr)